Dalam peraturan ini yang dimaksud dengan :

  1. Sistem kredit adalah suatu system penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan.
  2. Satuan Kredit Semester yang selanjutnya disingkat SKS adalah penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama 1 semester melalui kegiatan terjadwal per minggu, sebanyak 1 jam perkuliahan atau 2 jam praktikum, atau 4 jam kerja lapangan, yang masing-masing diiringi oleh sekitar 1-2 jam kegiatan terstruktur. Satu jam tatap muka setara dengan 50 menit.
  3. Semester adalah kurun waktu kegiatan yang terdiri dan 12 sampai 14minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya.
  4. Dosen adalah tenaga pendidik yang memiliki kualifkasi tertentu yang khusus diangkat oleh Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi.
  5. Guru Besar atau Profesor adalah jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi.
  6. Pembimbing tesis adalah orang atau kelompok orang (dosen) yangmemiliki kualifikasi keilmuan dan kewenangan tertentu untuk melakukanpembimbingan tesis.
  7. Tim Penguji adalah sekelompok orang yang memiliki kualifikasi keilmuandan kewenangan tertentu untuk melakukan uji kemampuan mahasiswa.
  8. Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar pads Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
  9. Masa Studi adalah lama waktu yang ditempuh oleh mahasiswa untukmenyelesaikan Program Pascasarjana.
  10. Pembelajaran adalah proses belajar mengajar yang dapat meliputi komunikasi langsung atau tidak langsung, praktikum dan pemberian tugas akademik lainnya.
  11. Matrikulasi adalah kegiatan pembelajaran yang dimaksudkan untukmempersiapkan dan memberikan pengetahuan dasar bagi mahasiswa baru Program Pascasarjana.
  12. Kartu Rencana Studi yang selanjutnya disebut dengan SKS a formulir rencana mata kuliah yang akan diambil mahasiswa dalan semester tertentu.
  13. Kartu hasil studi yang selanjutnya disebut KHS adalah kumpulan nilai yang diperoleh oleh seorang mahasiswa dalam satu semester tertentu
  14. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.
  15. Ujian Tertulis adalah evaluasi atas kemampuan mahasiswa terhadappenguasaan materi suatu mata kuliah tertentu yang dilakukan secara tertulis, balk ujian semester maupun Ujian Penjaminan Mutu.
  16. Tugas Terstruktur adalah tugas yang diberikan oleh dosen dalar mata kuliah tertentu, sebagai salah satu komponen penilaian atas kemampuan mahasiswa.
  17. Seminar usulan penelitian adalah kegiatan penyampaian rencana penelitian untuk menyusun tesis.
  18. Seminar Internasional adalah kegiatan yang dilaksanakar Program Pascasarjana pads semester ganjil sebagai prasyarat mahasiswa untuk menyelesaikan kegiatan perkuliahan.
  19. Penelitian adalah kegiatan telaah ilmiah dalam upaya menemukankebenaran dan/atau menyelesaikan masalah dalam ilmu pengetahuanteknologi dan/atau seni.
  20. Tesis adalah karya tulis ilmiah sebagi hasil penelitian yang mendalam dan dilakukan secara mandiri untuk memberikan sumbangan baruperkembangan ilmu pengetahuan, atau menemukan jawaban terhadap masalah yang ditemukan di lapangan oleh calon magister dibawah pengawasan pembimbing tesis.
  21. Ujian Tesis adalah evaluasi atas performance mahasiswa terhadap penguasaan tesis yang telah disusun dan dilakukan oleh tim penguji.
  22. Indek prestasi adalah yang selanjutnya disebut IP adalah rata-rata nilai yang dicapai oleh mahasiswa untuk semua mata kuliah denganmemperhitungkan jumlah kredit masing-masing mata kuliah dalam satusemester.
  23. Indek Prestasi Kumulatif yang selanjutnya disebut IPK adalah rata-rata nilai yang dicapai untuk semua mata kuliah dengan memperhitungkan jumlah kredit masing-masing mata kuliah yang telah ditempuh pada Program Pascasarjana.
  24. Penjaminan Mutu adalah program untuk melaksanakan pemantauan,evaluasi, dan koreksi sebagai tindakan penyempumaan atau peningkatanmutu secara berkelanjutan dan sistematis terhadap semua aspek pendidikan tinggi dalam rangka untuk meyakinkan kesempurnaan pencapaian standar yang telah ditetapkan.
  25. Yudisium adalah keputusan Direktur Program Pascasarjana yang menetapkan bahawa seorang mahasiswa telah menyelesaikan studi dan dinyatakan lulus sesuai dengan ketentuan syarat kelulusan pada Program Pascasarjana berdasar hasil rapat yudisium.
  26. Wisuda adalah acara akademik dalam sidang senat universitas untukmeresmikan lulusan perguruan tinggi yang telah menyelesaikan satu jenjang pendidikan tinggi.