Sambutan Rektor Wisuda Pascasarjana Tahun Akademik 2008-2009

Yang terhormat, Saudara :

Koordinator Kopertis Wil.Vll Jawa Timur;
Ketua PGRI Propinsi Jawa Timur;
Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Yimur;
Para Pendiri UNIPA Surabaya;
Ketua dan Pengurus PPLP PT PGRI Surabaya;
Dewar Penyantun;
Anggota Senat UNIPA Surabaya;
Para Dekan, Direktur Program , Ka. Biro; Ketua Lembaga;
Direktur Lembaga; Para Kaprodi;
Segenap Civitas Akademika UNIPA Surabaya;
Pwa Undangan, Para Wisudawan beserta Keluarga Wisudawan;
Hadirin yang berbahagia,
Assalamu"alaikum Wr.Wb.
 

Salam sejahtera dan Selamat Pagi !

Alhamdulillah, marlillah kita memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Illahi Robbi, atas rahmat dan karunia, Hidayah, inayah-Nya karena hari ini kita masih dapat hadir dafam acara Wisuda Program Pascasarjana Program Studi Teknologi Pembela'jaran ke 21 Tahun Akademik 2008-2009 daiam keadaan, sehat wal'afiat lahir bathin.
Hari ini Sabtu, 24 Oktober 2009 untuk kesekian kalinya kita semua menjadi saksi suatu peristiwa monumental yaitu suatu peristiwa keberhasilan, kegigihan, kerja keras, kesabaran dan kesantunan saudara-saudara dalam mengkuti proses belajar mengajar di program pasta sarjana yang berbuahkan peristiwa Saudara-saudara di Wisuda, dan memperoleh gelar : Magister Pendidikan di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Hadirin yang kami hormati,

Upacara. Wisuda bagi sebuah perguruan tinggi sesungguhnya bukanlah sekedar acara seremonial, tetapi merupakan "penggenapan'’ dari suatu visi dan misi perguruan tinggi termasuk Universitas PGRI Adibuana Surabaya yang tidak pemah berujung dalam menghasilkan sumber daya manusia yang diharapkan mampu beradaptasi di era perubahan tantangan jaman baik era pengetahuan, tehnologi maupun tranformasi budaya bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Para wisudawan yang berbahagia,

Secara resmi pada hari ini saudara-saudara sekalian diwisuda. Saya pribadi dan atas nama Lembaga mengucapkan selamat kepada Saudara dan Keluarga, perasaan bangga dan bahagia serta haru tentunya saudara rasakan sebagai wisudawan mengingat daya upaya, pikiran, dana dan kerja keras serta waktu telah saudara curahkan selama mengikuti proses pembelajaran di program magister tehnologi pembelajaran.

Hadirin yang berbahagia,

Pada wisuda ke 21 ini tema yang ditetapkan adalah "Wisudawan Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya siap meningkatkan profesionalisme dan enterpreneurship dalam era pengetahuan berdasarkan jati diri". Penetapan tema tersebut merupakan "penggenapan" tranformasi paradigma professional Universitas PGRI Adibuana Surabaya dari paradigma teaching university kearah entrepreneur university berbasis research tanpa meninggal jalidiri. "
Terkait dengan tema tersebut, saya sangat mengharapkan mulai saat ini saudara wisudawan juga mulai berubah dalam melakukan pengembangan profesi kependidikan yang semula saudara hanya cenderung berkata "teaching only", dan mulai sekarang saudara tidak perlu lagi alergi bicara mengenai dunia enterpreunership, dan penerapannya suarakan pada peserta didik akan pentingnya jiwa enterpreuner melalui perubahan pola pikir berwawasan tehnologi pembelajaran, kemandirian kepemimpinan dalam pelayanan bukan kepemimpinan untuk dilayani.
Wisudawan yang terpelajar, profesi tenaga pendidik sejak dulu merupakan profesi pemimpin yang sangat dibutuhkan masyarakat, dan profesi ini sangat mulia bilamana saudara-saudara wisudawan mampu mempertahankan jati diri sebagai "agent of change" yang handal, suka menolong, santun serta menjalankan tugas secara profesional dan bertanggungjawab, dalam meningkatkan eksestensi profesi kependidikan.

Para hadirin yang saya hormati,

Selaras dengan tema wisuda kali ini nilai professional dan enterprenuership telah diterapkan pula di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, banyak hal yang telah dilakukan diera penuh tantangan dan kemitraan. Saat ini Universitas PGRI Adi Buana Saurabaya, dengan sangat menggembirakan dan membanggakan telah dipercaya oleh pemerintah dalam melakukan aselerasi kualitas pendidikan sebagai bentuk tanggung jawab profesionalisme kelembagaan seperti : 1) Penyelenggaraan SERGU sebagai LPTK Induk; (3800 guru Diknas dan 1800 guru Madrasah di 8 Daerah); 2) Pendidikan khusus Guru Dalam Jabatan; 3) Hibah PGSD-S I tahun ke 3; 4) Hibah Penelitian; 5) Hibah PPM; 6)Hibah PTS Sehat, dan program lainnya yang sedang dikompetisikan.
Saudara-saudara para wisudawan yang terpelajar jangan merasa kuatir dengan ijazah saudara, Ijazah saudara Syah dan mempunyai Civil Effek sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku oleh karena itu segera diurus dan diambil sendiri ijazah dan kelengkapannya di BAAK jangan diwakilkan. Bilamana Ijazah saudara dan kelengkapannya tidak diambil sesuai batas waktu yang telah ditentukan dan mengakibatkan kerusakan, hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab lembaga. (berdasarkan Peraturan Mendiknas RI Nomor : 26 tahun 2006 tentang Retensi Arsip Subtantif dan Fasilitatif di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri dan KOPERTIS).
Selain hal tersebut ada beberapa hal yang perlu saudara dengarkan, renungkan, mengertikan dan lakukan bahwa saudara adalah anggota komunitas keluarga besar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya sampai kapanpun, dan untuk itu saya perlu menyampaikan beberapa hal : Pertama saat ini dibelakang nama saudara telah tertulis huruf : Magister Pendidikan (MPd) tehnologi pembelajaran, suatu profesi yang sarat dengan kompetensi komunikasi yang merupakan kompetensi yang cukup utama di abad pengetahuan ini sebagaimana dinyatakan Stephen Covey(Pengarang buku Seven Habits) bahwa "Communication is the most important skill in life." Keahlian Berkomunikasi (baca:lisan dan tulis) adalah Kunci Keberhasilan Kaum Profesional.
Dan kompetensi komunikasi tersebut merupakan salah satu ciri utama dalam tehnologi pembelajaran, suatu kompetensi dirnana kemampuan berkomunikasi dikembangkan dari empat k yaitu:- Listening atau mendengar; Speaking atau berbicara;- Reading atau membaca;  dan Writing atau menulis.
Empat modal dasar di atas tidak pemah berdiri sendiri, baik urut-urutannya tidak ditentukan dalam ranking tetapi dalam model proposional dan seimbang. Oleh karena itu jadilah pendidik dengan keahlian komunikasi dengan modal selalu mau mendengar, selalu mau membaca menulis, dan bicaralah untuk menyampaikan pemikiran yang bersih dan benar dalam era pengetahuan selalu ... selalu menjadi pembelajar.
Kedua, tidak ada suatu mahluk didunia ini tidak bermimpi yang indah, berharap dalam renungan dalam tumbuh dan berkembang, demikian pula program pasca sarjana ini, saya juga mengharapkan program pasca sarjana dapat tumbuh dan berkembang di era pentingnya komunikasi ini, oleh karena itu kami mohon dukungan saudara, doa, spirit agar program pasca sarjana dapat tumbuh dan berkembang membuka program studi magister pendidikan baru, terutama program doktor (S3) tehnologi pembelajaran supaya kita dapat berdiskusi, sharing, bertemu teman lama kembali dalam tatanan kampus yang lebih segar dan menggembirakan.
Oleh karena itu sampaikan, komunikasikan bilamana ada informasi yang positip maupun negatif, saran baik maupun buruk dari saudara atau komunitas lain, jangan segan-segan saudara menyampaikan kepada kami, karena saudara adalah bagian dari komunitas keluarga besar PGRI Adi Buana Surabaya demi kemajuan UNIPA tercinta.
Hadirin yang berbahagia,
Akhirnya pada kesempatan yang baik ini, selaku pimpinan maupun pribadi, saya sampaikan sekali lagi selamat atas keberhasilan saudara-saudara, selamat menunaikan tugas, sekaligus mohon maaf bila dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang telah saudara jalani sengaja atau tidak, terdapat kesalahan/ kekurangan, yang tidak berkenan dihati saudara-saudara. Jagalah kesantunan pribadi, nama baik keluarga, Lembaga, program pascasarjana, Almamater saudara PGRI Adi Buana Surabaya.
Ucapan terima kasih, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Panitia Wisuda, Para Pendiri Universitas, Pimpinan Universitas, Pimpinan Program Pascasajana, Fakultas, Pimpinan Prodi, Kepala Biro, Kepala Unit, Para Dosen dan Karyawan yang telah bekerja keras untuk terlaksananya kegiatan ini.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah­-Nya kepada kita semua. Amin.

Wassalamu'alaikum wr. wb

Surabaya, 24 Oktober 2009

Rektor,
 
ttd.
Drs. H. SUTIJONO, MM.