Pengertian

  1. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang disingkat UNIPA Surabaya menyelenggarakan Program Pascasarjana Kependidikan/ S-2 Kependidikan.
  2. Program Pascasarjana UNIPA Surabaya merupakan Program yang mengelola pendidikan di atas tingkat Sarjana Strata Satu (S-1).
  3. Program Pascasarjana UNIPA Surabaya sementara memiliki Program Studi Teknologi Pembelajaran.
  4. Program Pascasarjana UNIPA Surabaya ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 306/KEP/DIKTI/1999, tanggal 23 Juli 1999.

Pimpinan

  1. Direktur Program Pascasarjana UNIPA urabaya adalah Pimpinan Program Pascasarjana yang bertanggung jawab kepada Rektor dalam tugas penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selain itu, membina tenaga kependidikan, tenaga administrasi, dan mahasiswa.
  2. Wakil Direktur membantu tugas Direktur dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Wakil Direktur (Wadir) terdiri dari Wadir I Bidang Akademik, Wadir II Bidang Administrasi dan Keuangan. Jumlah Wadir disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan,  kemampuan dan ketentuan yang berlaku.
  3. Ketua Program Studi adalah unsur pelaksana akademik yang menjalankan tugasnya dapat dibantu oleh Sekretaris Program Studi, yang bertanggung jawab kepada Direktur Pascasarjana.
  4. Kepala Laboratorium adalah unsur pelaksana akademik yang bertanggung jawab kepada Direktur dalam pelaksanaan praktikum mahasiswa di Laboratorioum.
  5. Kepala Perpustakaan Program Studi
  6. Kepala Penjaminan Mutu Program Studi

Dosen

  1. Status Dosen pada Program Pascasarjana terdiri dari tenaga fungsional akademik penuh dan tenaga fungsional akademik pembantu yang berstatus tetap maupun tidak tetap. a). Tugas tenaga fungsional akademik penuh adalah mengajarkan mata kuliah dalam bidangnya, memberikan penilaian kemajuan belajar mahasiswa, memberikan konsultasi serta bimbingan kepada mahasiswa dan membimbing serta menguji Tesis dan/atau disertasi.  b). Tugas tenaga fungsional akademik pembantu adalah membantu tenaga fungsional akademik penuh dalam menjalankan tugasnya.
  2. Kualifikasi Dosen, Kualifikasi Tenaga Fungsional Akademik yang dipersyaratkan untuk mengajar dan membimbing serta menguji Tesis adalah seperti terdapat pada tabel berikut: a). Tenaga Fungsional Akademik Penuh (Guru Besar, Lektor Kepala bergelar Doktor, Lektor bergelar Doktor, Asisten Ahli bergelar Doktor), b). Tenaga Fungsional Akademik Pembantu (Lektor Kepala bergelar Master dan Lektor bergelar Master)

Direktur Program Pascasarjana menetapkan tenaga fungsional akademik yang diberi wewenang mengajar dan membimbing serta menguji Tesis di Program Pascasarjana, atas usulan Ketua Program Studi Program Pascasarjana.

Unsur Pendukung

  1. Program Pascasarjana dilengkapi dengan laboratorium: Pengembangan Model Pengajaran (PMP); Laboratorium Micro Teaching; Laboratorium Micro Counseling dan Laboratorium Produksi Media.
  2. Program Pascasarjana dilengkapi dengan perpustakaan tingkat Program Studi
  3. Program Pascasarjana mempunyai Unit Penjaminan Mutu