Sejarah

Program studi Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA) didirikan oleh tim lintas generasi antara pendiri lembaga, dosen-dosen muda yang merupakan komunitas kreatif yang mencita-citakan suatu Universitas yang berbasis riset yang unggul di bidang pendidikan. Dengan keyakinan dan komitmen yang kuat dalam menatap masa depan berpijak pada keunggulan kompetitif dan komparatif maka terwujudlah suatu program studi teknologi pembelajaran. Kinerja tim antar generasi seperti Dr.H.Iskandar Wiryokusumo, M.Sc., Drs.Masini Atmadji, H.A.Hudan Dardiri dan Prof. Drs.Soelaiman Joesoef, Drs.H.Sutijono dan dosen-dosen muda seperti Ir.Joko Sutrisno, Dr.M.Subandowo, MS.,Dr.Soedarmo, Drs.PA Budi Laksono, Drs.Budi Priyo Sembodo serta Drs.Djoko Adi Waluyo, MM., Prof. Drs. Hartanto Sunardi, ST. S.Si., M.Pd., Drs. Hartono yang didukung bidang penyusunan sistem dan prosedur Administrasi dan pengelolaan Internal terdiri dari Drs. Triman Juniarso, M.Pd., Dra. Ngadiani, M .Kes, serta bidang perijinan Kopertis Wilayah VII, terdiri atas Dr. Widodo dan Drs.R. Bambang Dwi Waryanto, SE. 
 
Akhirnya kerja keras dan komitmen yang kuat akan masa depan melahirkan Program Pasca Sarjana dengan program studi Teknologi Pembelajaran pada tanggal 23 juni 1999 (SK DikTi No. 306/DIKTI/Kep/1999)dengan Direktur Pascasarjana pada waktu itu ditetapkan Dr.H. Iskandar Wiryokusumo, M.Sc. Pada tahun 2007 Direktur Program Pascasarjana diamanahkan kepada Dr.Soesilo Windradini, M.A, menjabat sampai tahun 2011, namun karena masalah kesehatan yang dialami Beliau maka pada tahun 2009 jabatan direktur PPS diamanahkan kepada Dr.M. Subandowo MS., berdasarkan ketetapan PPLP PT PGRI Nomor 344/PPLP PT PGRI.SBY/C.1/IX/2009. Sejak 2 September 2009, Dr.M. Subandowo, MS., ditetapkan sebagai Direktur Definitif masa jabatan 2007-2011. Selama perjalanannya Program Studi Teknologi Pembelajaran selalu konsisten dan komitmen terhadap kepedulian, keamanahan serta kegigihan dengan inovasi yang tiada henti dibuktikan dengan dipertahankannya status akreditasi A juga diperoleh pada tahun 2012 sesuai dengan SK Ban PT No.003/BAN-PT/AK-V/S2/V/2012. Salah satu dampak dari status akreditasi "A" adalah semakin kuatnya komitmen terhadap peningkatan penjaminan mutu akademik salah satunya kualitas dan regenerasi para dosen selalu digulirkan oleh lembaga untuk menjadikan program studi Teknologi pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menjadilembaga yang terhormat dan bermartabat yang pada akhirnya mampu memberikan sumbangsih dalam dunia pendidikan seoptimal mungkin dalam wujud perubahan paradigma sainteks yang berbasis research university menuju enterpreneurship university secara gradual.

Tujuan

Program studi teknologi pembelajaran bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kualifikasi sebagai berikut :
  1. Integritas kepribadian yang tinggi, memiliki kemandirian dalam melakukan penelitian dan pengembangan serta memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi pembelajaran
  2. Berwawasan terbuka, bersinergi, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu, teknologi dan seni, maupun masalah yang berkaitan dengan keahliannya di bidang pendidikan dan pembelajaran.
  3. Mempunyai kemampuan untuk berpartisipasi, berkolaborasi dalam pemecahan problem-problem pendidikan dan pembelajaran khususnya teknologi pembelajaran.
  4. Mempunyai kemampuan dalam memadukan serta memuktahirkan teori dan praktek teknologi pembelajaran melalui kegiatan penelitian untuk mengembangkan penampilan profesinya dalam spektrum yang lebih luas, dengan mengaitkan bidang ilmu atau profesi yang serupa dalam perubahan lokal maupun global.
  5. Mempunyai kemampuan mengajar pada jenjang pendidikan S-1 atau jenjang pendidikan yang lebih rendah.
  6. Mempunyai kemampuan dalam merencanakan, mengelola satuan lembaga pendidikan/pelatihan berbasis research dan enterpreneurship

Status :  S-2 TERAKREDITASI A (SK-003/2012)