Perkuliahan, Akademik

Program Studi Pascasarjana Unipa Surabaya

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA, Membuka 2 (dua) Konsentrasi/Spesialisasi yaitu :

  1. Magister Pendidikan dengan Konsentrasi Teknologi Pembelajaran. (Terakreditasi A)
  2. Magister Pendidikan dengan Konsentrasi Manajemen Pendidikan.

Perkuliahan PPS Unipa Surabaya

Sistem Perkuliahan

  1. Perkuliahan di Program Pascasarjana UNIPA menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja closen, pengalamaman belajar dan beban penyelenggaraan program pendidikan
  2. Setiap Mata Kuliah dibina oleh 2 (dua) orang Dosen yaitu Senior (Profesor, atau Doktor) dan Dosen Yunior (bergelar magister)
  3. Setiap Mata Kuliah dilaksanakan '112 x Tatap Muka dengan rincian sebagai berikut:
    • Dosen Senior 6 x Tatap Muka
    • Dosen Yunior 4 x Tatap Muka
    • Evaluasi (UTS clan UAS) 2x Tatap Muka
  4. Presensi bagi Mahasiswa setiap Mata Kuliah minimal 75 % dari jumlah kehadiran Dosen.
  5. Sistem Perkuliahan adalah memberi tekanan pada belajar mandiri dengan komposisi: 50% Tatap Muka, dan 50% tugas-tugas mandiri dan terstruktur.
  6. Tugas-tugas mandiri dan terstruktur dapat dilaksanakan dengan menggunakan e-mail, dan atau Internet
  7. Setiap Dosen (Senior dan Yunior) wajib menyerahkan/ memberi buku-buku teks/ copy kepada Mahasiswa pada awal perkuliahan

Kurikulum

Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana menerapkan Kurikulum sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Program Studi, melalui penajaman secara substansi terhadap materi yang penekanannya pada orientasi akademik dan profesional yang terdiri dari:
  1. Kuliah Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, dilaksanakan dalam waktu 4 (empat) semester
  2. Program S2 mempersyaratkan beban kredit sebesar 47 satuan kredit semester (sks) yang dapat diperoleh dari kegiatan kuliah, dan/atau kegiatan akademik lainnya yang ekuivalen, dan karya tulis.
  3. Mata Kuliah Matrikulasi dengan bobot 0 SKS
  4. Mata Kuliah Umum (MKU) dengan bobot 7 SKS
  5. Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dengan bobot 12 SKS
  6. Mata Kuliah Keahlian (MKK) dengan bobot 28 SKS
 

Pelaksanaan Perkuliahan

  1. Mahasiswa yang mengikuti kuliah harus memprogram dalarn Kartu Program setiap semester.
  2. Kartu Program harus mendapat persetujuan Ketua Program atau Sekretaris Program.
  3. Pemrograman disesuaikan dengan Daftar mata kuliah yang disediakan pads semester yang bersangkutan.
  4. Setiap mata kuliah oleh Dosen Senior atau Guru Besar clan dibantu oleh seorang atau lebih dosen yunior.
  5. Kuliah Dosen Senior/Guru Besar dengan Dosen Yunior, jika dipandang perlu dilakukan perubahan-perubahan.
  6. Ujian menjadi tanggungjawab Dosen Senior/ Guru Besar.
  7. Dalam perkuliahan, Mahasiswa diwajibkan untuk:
    • Hadar pada waktu kuliah, dengan mengikuti jadwal yang diumumkan setiap saat
    • Mahasiswa Pria diwajibkan memakai dasi, Mahasiswa Putri pakaian menyesuaikan
    • Menyerahkan Tugas-tugas sesuai dengan waktu yang clitetapkan
    • Aktif mencari informasi jadwal kehadiran Dosen
    • Mengulang kembali tugas-tugas/ tes, jika nilainya dibawah angka 3 (tiga) dengan terlebih dahulu konsultasi dengan Direktur Program Pascasarjana UNIPA

D. Matrikulasi

  1. Diadakan kuliah matrikulasi, dengan tujuan untuk menyamakan persepsi perkuliahan, penyiapan mental sebagai mahasiswa Pascasarjana clan memberi dasar-dasar mata kuliah selanjutnya.
  2. Pelaksanaan matrikulasi dilaksanakan dalarn bulan pertama, sebelum Semester I.
  3. Matrikulasi meliputi 3 (tiga) Mata Kuliah yaitu:
    • Pengantar Teknologi Pendidikan
    • Pengantar Manajemen
    • Pengantar Pembelajaran Berbasis Teknologi
  4. Kuliah Matrikulasi adalah Kuliah non kredit, harus lulus/menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan
  5. Non kredit artinya Mata Kuliah tersebut tidak masuk dalam Daftar Mata Kuliah yang diperhitungkan dalam Transkrip pada akhir program.
  6. Semua mahasiswa wajib mengikuti matrikulasi clan bag memiliki sertifikasi/tanda lulus, diwajibkan sebagai pendengar yang akan menerima tanda lulus.

Registrasi Mahasiswa

  1. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima/lulus diwajibkan melakukan registrasi atau mendaftar ulang mahasiswa pada batas waktu yang telah ditentukan. Calon mahasiswa pada batas waktu yang telah ditentukan tidak registrasi maka haknya sebagai mahasiswa baru dinyatakan gugur/hilang.
  2. Kartu Mahasiswa diberikan setelah yang bersangkutan lulus tes masuk, melakukan registrasi dan mengikuti kuliah perdana.

Seleksi Mahasiswa

Seleksi Mahasiswa
Mahasiswa Baru di Program Pascasarjana berasal dari Mahasiswa seleksi Reguler dan Mahasiswa Pindahan (Transfer)

Mahasiswa Reguler
Sistem seleksi mahasiswa baru Reguler Pascasarjana UNIPA Surabaya dilakukan dengan menggunakan:
  1. Tes Potensi Akademik yaitu dengan menjawab soal-soal yang menggambarkan potensi akademik dari calon mahasiswa
  2. Tes Wawancara yaitu untuk mendalami kemampuan calon mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan di Pascasarjana yang dilihat dari pengalaman clan kemampuan finansial
  3. Tes TOEFL dengan skor minimal 450 yaitu untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam menguasai Bahasa Inggris
Mahasiswa Pinclahan (Transfer)
Untuk Mahasiswa Transfer di Program Pascasarjana UNIPA Surabaya dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Alih kredit alihan adalah kredit yang diberikan sebagai penghargaan atas pengalaman belajar atau kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa di luar Program Pascasarjana UNIPA Surabaya. Alih kredit yang dapat dihitung dalam program adalah pengalaman belajar atau kegiatan akademik yang tergolong serumpun dengan mata kuliah umum (MKU), mata kuliah dasar keahlian (MKDK) clan mata kuliah keahlian khusus (MKK).
  2. Pengalaman belajar atau kegiatan akademik yang dimaksud pads ayat (1) diatas dapat berbentuk kuliah tingkat Pascasarjana dalam rangka pencapaian gelar atau non-gelar di lembaga pendidikan tinggi lain di dalam atau di luar negeri yang diakui.
  3. Penilaian terhadap pengalaman belajar dalam rangka alih kredit dilakukan oleh Panitia Penilai Kredit Alihan yang dibentuk oleh Direktur Program Pascasarjana UNIPA Surabaya pada awal semester pertama.
  4. Panitia Penilaian Alih Kredit diketuai oleh Ketua Program Studi dan dibantu oleh penasehat akademik dengan tugas menilai pengalaman belajar serta karya akademik mahasiswa. Hasil penilaian Panitia ini perlu segera diberitahukan kepada mahasiswa yang bersangkutan selambat-lambatnya sebelum semester dimulai karena dil: dalam menyusun program studinya.
  5. Jumlah satuan semester (sks) yang dapat dialihkan paling banyak 60% dari keseluruhan sks yang dipersyaratkan, dan kredit alihan yang dimaksud berasal lebih dari satu komponen program, yaitu mata kuliah umum (MKU), mata kuliah dasar keahlian (MKDK) dan mata kuliah keahlian khusus (MKK).

Persyaratan Mahasiswa

Mahasiswa baru yang masuk Program Pascasarjana Unipa Surabaya dipersyaratkan:

1. Persyaratan Akademik

  • Memiliki ijazah Sarjana (S1) bidang kependidikan atau non­-kependidikan dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang ijazahnya diakui atau disamakan dengan  ijazah perguruan tinggi negeri.
  • Seleksi ujian masuk yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana.
  • Mendapat rekomendasi/rujukan/referensi dari atasan/seni berkaitan dengan kemampuan akademik serta kepribadian calon mahasiswa.
  • Bagi calon mahasiswa dari Perguruan Tinggi non-kependidikan dituntut persyaratan tertentu dalam bidang kependidikan diatur dalam peraturan tersendiri.

2. Persyaratan Administrasi

  • Menyerahkan copy ijazah dan transkrip Sarjana
  • Melengkapi keterangan tertulis berupa:
    • Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap;
    • Surat keterangan berkelakuan balk dari kepala jawatan / kantor bagi yang bekerja dan dari polisi bagi yang lain;
    • Surat keterangan kesehatan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan mampu mengikuti pendidikan;
    • Daftar riwayat hidup dan pendiclikan;
    • Daftar karya tulis dan prestasi akademik;
    • Surat ijin/tugas belajar dari atasan bagi yang bekerja;
    • Surat keterangan tentang kesanggupan pelaksanaan studi;
    • Menyerahkan judul penelitian/ diskripsi atau karangan profesi;
    • Rujukan dua orang yang dapat dihubungi mengenai kesanggupan akademik, dan kepribadian calon;
    • Persyaratan administrasi lain yang berlaku bagi mahasiswa UNIPA Surabaya pada umumnya.